![]() |
![]() |
Simpulan Isi Wawancara
Pendahuluan
PENDAHULUAN
Selamat berjumpa!
Kamu pasti pernah mendengarkan sebuah wawancara, entah itu di televisi, radio, entah dalam kehidupan sehari-hari, misalnya, seorang reporter televisi yang sedang mewawancarai warga Jakarta tentang kenaikan harga BBM. Atau, seorang reporter yang sedang mewawancarai seorang saksi mata kecelakaan bus.
Namun, adakalanya saat mendengarkan sebuah wawancara, kita mendapatkan kesulitan untuk mendapatkan pokok-pokok informasi yang ada dalam wawancara. Tidak hanya itu, kita pun akan mengalami kesulitan dalam menyimpulkan isi wawancara tersebut jika kita belum menemukan pokok-pokok wawancara. Nah, maukah kamu mempelajari cara menemukan pokok-pokok informasi dan menyimpulkan sebuah wawancara?
Tentu saja. Dengan mempelajari modul ini diharapkan kamu dapat menyimpulkan teks wawancara, baik yang didengarkan langsung atau dari radio, maupun yang disaksikan secara langsung atau dari layar televisi. Jika kamu mampu menyimpulkan teks wawancara dengan baik, kamu pun dapat menangkap pokok-pokok informasi yang terdapat dalam sebuah wawancara dengan tepat dan cepat.
Untuk dapat menemukan pokok-pokok dan menyimpulkan wawancara, pada modul online ini kamu akan mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan wawancara, yaitu pengertian wawancara, siapa saja yang terlibat, bentuk-bentuk wawancara, contoh petikan wawancara, cara menemukan pokok pikiran dalam wawancara, dan contoh kalimat simpulan wawancara, dan contoh cara menyimpulkan wawancara dengan kalimat singkat.
Setelah kamu mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan wawancara, kamu dapat menguatkan pemahamanmu setelah mempelajari modul ini dengan membaca rangkuman kegiatan belajar. Selanjutnya, kamu akan diajak untuk berlatih menemukan pokok pikiran dalam wawancara dan cara menyimpulkan wawancara dengan kalimat singkat melalui kegiatan latihan. Selain itu, pada akhir kegiatan modul ini kamu akan berlatih mengerjakan soal-soal yang berhubungan dengan materi ini secara keseluruhan melalui Tes Akhir Modul.
Perhatikan dengan saksama tayangan wawancara berikut.
Petikan teks wawancara untuk diperdengarkan sebagai bahan simakan.
Wawancara dengan Siswa Pemenang Lomba Karya Ilmiah |
|
Pewawancara
|
Siang, Dik. Bagaimana perasaanmu telah memenangkan Lomba Karya Ilmiah tingkat Nasional ini? |
Ahmad Aizar
|
Perasaan saya tentu saja sangat senang dan bahagia. Saya berhasil mewujudkan impian saya dan orang tua saya. |
Pewawancara |
Apa kiat-kiatmu sehingga keluar menjadi pemenang? |
Ahmad Aizar
|
Sederhana saja, Mas. Orang tua dan guru saya terus melatih saya setiap hari, baik berlatih meneliti, menulis, maupun menyampaikan karya saya agar orang lain dapat mengambil manfaatnya. |
Bagi rekan guru, modul ini dapat dijadikan salah satu sumber belajar bagi siswa. Modul ini dilengkapi juga dengan rangkuman pada setiap kegiatan belajar, latihan yang berisi tentang cara mendata pokok-pokok pikiran dalam wawancara dan menyimpulkan pokok pikiran wawancara dengan kalimat singkat pada setiap kegiatan belajar, dan tes akhir modul (TAM) yang berisi keseluruhan materi mengenai menemukan pokok-pokok pikiran dalam wawancara dan cara menyimpulkan pokok pikiran dalam wawancara dengan kalimat singkat, serta forum diskusi. Melalui forum diskusi yang ada di bagian akhir ini tentunya rekan-rekan guru dapat memberikan tugas kepada siswa untuk berdiskusi dan memberikan umpan balik kegiatan siswa. Guru dapat memberi tugas mendengarkan sebuah rekaman wawancara seseorang dengan kepala kelurahan tentang cara menanggulangi banjir di daerah tempat tinggalnya, lalu menemukan pokok pikiran wawancara dan menyimpulkannya dengan kalimat singkat. Guru pun dapat membuat RPP yang ada di portal rumah belajar untuk disesuaikan dengan lingkungan masing-masing.
Untuk mempelajari modul ini, tahap pertama kamu diminta untuk mengikuti kuis interaktif. Pada tahap berikutnya, kamu dapat mengikuti kegiatan belajar 1 dan kegiatan belajar 2. Materi yang dapat dipelajari pada kegiatan belajar 1, yaitu mendengarkan rekaman kegiatan wawancara seseorang dengan kepala kelurahan tentang cara menanggulangi banjir di daerah tempat tinggalnya, mempelajari pengertian wawancara, siapa saja yang terlibat dalam wawancara, bentuk-bentuk wawancara, contoh petikan wawancara, dan mendata pokok-pokok pikiran yang dikemukakan narasumber dalam wawancara. Jika kamu telah menguasai materi pada kegiatan belajar 1, kamu dapat mengikuti kegiatan belajar berikutnya. Pada kegiatan belajar 2, kamu akan mendengarkan rekaman wawancara tentang seorang ibu yang menjadi korban kebakaran gas elpiji dan menyimpulkan pokok pikiran yang dikemukakan narasumber dalam kalimat singkat.
Selanjutnya, pada setiap kegiatan belajar terdapat rangkuman materi untuk menguatkan pemahamanmu mengenai materi menyimpulkan wawancara ini. Selain rangkuman, kamu juga dapat berlatih menemukan pokok-pokok pikiran dalam wawancara yang ada pada kegiatan belajar 1. Pada kegiatan belajar 2, kamu akan berlatih menyimpulkan wawancara dengan kalimat singkat.
Saat mengikuti setiap kegiatan belajar, ikutilah dengan sungguh-sungguh, cermatilah penjelasannya dengan baik, dan perhatikan contoh-contohnya dengan saksama agar kamu dapat menguasai materi modul ini dengan baik. Jika kamu merasa belum memahami materi ini, bahkan menguasainya dengan baik, jangan ragu untuk mengulang kembali. Bacalah dan pelajarilah kembali materi ini hingga kamu dapat mengikuti latihan pada setiap akhir kegiatan belajar dan tes akhir pada akhir modul untuk mengukur kemampuanmu dalam memahami materi ini.
Pada bagian akhir, kami menyediakan forum diskusi. Kamu dapat mengirimkan pertanyaan atau memberi masukan tentang materi ini. Kamu juga dapat memberikan komentar dan saling bertukar pikiran dengan teman-temanmu di seluruh Indonesia.
Selamat mempelajari materi ini.