![]() |
![]() |
Menggolongkan Jenis Iklan Dan Meresensi Buku
Menggolongkan Jenis Iklan
Kamu pasti pernah melihat gambar iklan di atas. Setelah melihat gambar tersebut apakah kamu ingin membelinya? Mengapa kamu tertarik ingin membelinya? Ada berbagai macam alasan orang ingin membeli barang yang diiklankan. Apalagi jika iklan yang ditayangkan sangat menarik. Berikut ini adalah beberapa alasan orang membeli suatu barang :
1. memang membutuhkan,
2. ingin mencoba sesuatu yang baru,
3. tertarik dengan iklan,
4. ikut-ikutan orang lain, dan
5. karena sedang populer
Mengapa para produsen perlu menayangkan iklan? Iklan merupakan pemberitahuan kepada khalayak atau orang banyak mengenai barang atau jasa yang dijual dan dipasang melalui media massa. Iklan dapat kamu temukan pada surat kabar, majalah, televisi, dan internet.
Pengertian lain dari Iklan ialah promosi barang, jasa, dan ide yang harus dibayar oleh sebuah sponsor. Pemasaran melihat iklan sebagai bagian dari strategi promosi secara keseluruhan. Komponen lain dari promosi :
1. publisitas,
2. relasi publik,
3. penjualan, dan
4.promosi penjualan.
Iklan bertujuan untuk menarik perhatian serta membujuk orang lain agar memiliki atau memenuhi permintaan yang ditawarkan dalam iklan tersebut.
Berdasarkan jenisnya iklan dapat dibedakan atas tiga macam, yaitu:
1. iklan layanan masyarakat,
2. iklan niaga,dan
3. iklan keluarga.
|
Iklan layanan masyarakat Iklan niaga Iklan keluarga
Tentu Kamu dapat membaca kalimat- kalimat yang merupakan fakta dalam iklan dan yang merupakan opini(pendapat).
Apa yang dimaksud fakta dalam iklan? Ya, fakta adalah hal atau peristiwa yang merupakan kenyataan atau sesuatu yang benar-benar terjadi. Sedangkan opini adalah pendapat, pemikiran, atau sikap kita terhadap fakta. Biasanya opini adalah sesuatu yang dikatakan oleh seseorang. Oleh karena itu, opini bersifat subyektif.
Perhatikan gambar iklan di bawah ini!
![]() |
Setelah mencermati iklan di atas, tentu kamu dapat membedakan antara kalimat fakta dan opini,
Fakta dalam iklan tersebut adalah:
1. kue gupal kampung terbuat dari rempah- rempah,
2. oleh-oleh khas kota Jombang,
3. tersedia 3 pilihan rasa, original, jahe, madu,dan
4. Griya Indah AA 2 Jombang, jawa Timur Phone (0321) 864285, 3374186.
Opini dalam iklan tersebut adalah:
1. produsen & Grosir Kue Kering Termurah di Indonesia,
2. legit, renyah, gurih,dan
3. DKU ahlinya donat kampung.
Latihan!
Sebelum kita lanjutkan materi iklan ini, cobalah kamu kerjakan latihan berikut ini.
![]() |
Apa yang Kamu baca pada teks iklan tersebut? Ya, tentu Kamu pernah membaca iklan di atas pada surat kabar. Iklan yang tercantum tersebut merupakan salah satu contoh iklan baris.
Iklan baris (Classified advertising) adalah salah satu cara promosi barang dan jasa yang umumnya ditemukan di koran. Karena tidak menggunakan gambar sebagai daya tariknya maka iklan baris dimuat secara berkelompok sesuai dengan isinya. Misalnya, kelompok barang yang dijual dipasang dalam baris yang berbeda dengan kelompok barang yang dicari. Selanjutnya, barang-barang yang dijual pun diklasifikasikan lebih jauh: tanah, rumah, mobil, motor, dan lain-lain.
Penjual atau pembeli biasanya memberikan nomor telepon atau alamat rumah di mana barang itu dapat dilihat, dibeli, dan diambil. Karena ukurannya jauh lebih kecil daripada iklan biasa, iklan baris umumnya lebih murah daripada iklan-iklan lain. Pemuatannya pun jauh lebih sederhana karena tidak membutuhkan art-work atau ilustrasi grafis, sehingga koran-koran umumnya dapat menerima iklan baris untuk segera dimuat dalam penerbitan esok harinya.
Perkembangan teknologi media di masa kini membuat iklan baris tidak lagi terbatas pada koran, tetapi juga media lainnya, seperti internet.
Perhatikan contoh daftar singkatan yang sering dipergunakan dalam menulis iklan baris.