Pendahuluan

Kompetensi

Tes

 

Kompetensi

 

KOMPETENSI INTI:

  1. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
  2. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah  abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan    mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

KOMPETENSI DASAR:

  1. Memahami teks laporan  hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan     cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan               
  2. Menangkap makna teks laporan hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik secara lisan maupun                       tulisan.
  3. Membedakan teks laporan hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi,  dan    cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan
  4. Menyusun teks laporan hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan  cerita pendek sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat  baik secara lisan maupun tulisan
INDIKATOR KOMPETENSI

Setelah mempelajari materi pokok ini diharapkan peserta didik dapat:

  1. Memahami isi teks laporan hasil  observasi dan teks cerpen.
  2. Membedakan teks laporan  hasil observasi dengan teks cerpen.
  3. Menyusun cerita pendek
  4. Memahami unsur kebahasaan kata rujukan
  5. Memahami unsur kebahasaan kata berimbuhan  me-, dan  be-