Pendahuluan

Kompetensi

Tes


Tim

 

Kompetensi

 

Kompetensi Inti

 

KI 3

Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

 

KI 4

Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

 

Kompetensi Dasar

 

3.12

Membedakan teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik melalui lisan maupun tulisan.


4.13

Menyusun teks cerita yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi sesuai dengan karakteristik.

 

Indikator

Setelah mempelajari materi pokok ini diharapkan peserta didik dapat:

1. Mengenali struktur dan kaidah teks ulasan
2. Memahami isi teks ulasan model cerpen, puisi, laporan, dan buku
3. Membedakan struktur dan kaidah teks ulasan dengan struktur dan kaidah teks diskusi
4. Menyusun teks ulasan novel
5. Menggunakan unsur kebahasaan pada teks ulasan di dalam kalimat.
a. Majas
b. Tanda baca kurung