6. Faktor-faktor yang mempengaruhi Kegiatan Distribusi

 

Sebelum Anda menuntaskan materi kegiatan belajar 3, apakah ada materi yang belum dipahami secara baik?

Jika masih ada yang belum dipahami, silahkan Anda membaca ulang sampai Anda benar-benar memahami.

Pada bahasan terakhir ini akan dibahas mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi kegiatan distribusi. Faktor-faktor yang mempengaruhi kegiatan distribusi meliputi:

a.

Faktor Pasar
Dalam lingkup faktor ini, saluran distribusi dipengaruhi oleh pola pembelian konsumen, yaitu jumlah konsumen, letak geografis konsumen, jumlah pesanan dan kebiasaan dalam pembelian.

b.

Faktor Barang
Pertimbangan dari segi barang bersangkut-paut dengan nilai unit, besar dan berat barang, mudah rusaknya barang, standar barang dan pengemasan.

c.

Faktor Perusahaan
Pertimbangan yang diperlukan di sini adalah sumber dana, pengalaman dan kemampuan manajemen serta pengawasan dan pelayanan yang diberikan.

d.

Faktor Kebiasaan dalam Pembelian
Pertimbangan yang diperlukan dalam kebiasaan pembelian adalah kegunaan perantara, sikap perantara terhadap kebijaksanaan produsen, volume penjualan dan ongkos penyaluran barang.

Dengan selesainya bahasan faktor-faktor produksi, maka Anda telah menyelesaikan kegiatan belajar ketiga dan selanjutnya Anda harus mencoba mengerjakan tugas mandiri untuk kegiatan tiga. Selamat mengerjakan tugas mandiri dan coba Anda cocokkan jawabannya dengan kunci jawaban.